Pengetahuan-Saya

Belajar dari pengelola agrowisata

Akhirnya aku bisa belajar langsung dari petani pengelola agrowisata. Lokasi penelitianku di Kabupaten Malang ada di dua desa: Desa Gubugklakah dan Desa Pujon Kidul. Keduanya sekarang sudah mainstream jadi lokasi penelitian karena dianggap berhasil. Aku juga meneliti di Kabupaten Bojonegoro yaitu di Desa Ngringinrejo Kecamatan Kalitidu dan Desa Wedi di Kecamatan Kapas. Aku mendatangi ketua pokdarwis setempat dan beberapa kepala desa.

Proses pengumpulan data di keempat desa berlangsung selama 4 minggu. Seminggu sebelumnya saya masih mengerjakan tugas lain di Malang. Aku membagi waktu menginap di rumah mertua dan rumah adik. Untungnya mereka berdua tinggal di Malang kota dan letaknya juga strategis. Rumahku masih disewa orang sampai beberapa bulan ke depan.

Ada satu pokdarwis di setiap desa yang aku kunjungi. Bagi peneliti atau mahasiswa lain yang juga akan meneliti di tempat yang sama, silakan menghubungi saya untuk berdiskusi. Mungkin ada beberapa hal yang aku bantu terkait logistik di lapangan, misalnya penginapan, transportasi, nomor kontak yang dihubungi, dll. Desa Wedi dan Ngringinrejo masih mengembangkan homestay, berbeda dari dua desa di Kabupaten Malang yang sudah siap.

Kabupaten Bojonegoro baru mengembangkan agrowisata dengan baik tahun 2015 sehingga mereka juga masih banyak belajar dari daerah lain. Ada prospek yang sangat bagus di beberapa desa di Bojonegoro untuk dikembangkan menjadi agrowisata atau desa wisata. Pada desa wisata yang sudah berkembang di Kabupaten Malang, agrowisata merupakan salah satu bagian dari layanan selain homestay dan wisata edukasi.

Aku senang. Aku menikmati proses ini. Aku senang belajar bertanya dan belajar menjawabnya.

Malang, 15 Oktober 2018

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.