Jaringan,  Pengetahuan-Saya

Satu per satu

Satu per satu tahap aku jalani. Rasanya waktu berlalu begitu cepat sampai aku berada di posisi yang sekarang. Aku berada di semester 5 dan sudah menyelesaikan seminar hasil penelitian. Rasanya gila menyadari aku sudah berada di tahap ini. Aku sudah memiliki draft jurnal nasional dan internasional, setelah keduanya terkirim dan aku sudah memperbaiki draft disertasi, aku bisa maju ujian tertutup. Gilak!!

Selama proses perkuliahan, seringkali aku meragukan kemampuanku, seringkali aku khawatir. Ketika akan seminar, aku sulit tidur di malam hari. Ada berbagai keraguan yang berada di luar kontrolku. Apakah akan ada minimal 10 peserta membawa kartu kuning dalam seminar? Apa pertanyaan yang akan diajukan moderator? Apakah moderator cukup bersahabat? Apakah dosen pembimbingku akan datang dan membantuku?

Tuhan Maha Besar. Doa Ibu memang yang terbaik. Semua berjalan luar biasa lancar. Tidak ada perbaikan makalah seminar. Gilak!!

Aku tetap dipenuhi keraguan. Apakah aku bisa menyelesaikan kuliah doktor dalam waktu 3 tahun? Aku merasa belum apa-apa, aku belum banyak belajar. Memang para pengajar menekankan bahwa pembelajaran dan ujian sesungguhnya ada pada saat kita mengaplikasikan ilmu di dunia kerja, tapi, tapi…

Aku merasa belum cukup berilmu dan cukup bijaksana. Aku merasa kecil dan bingung. Ada begitu banyak pertanyaan dan hal yang belum terjawab. Aku merasa luar biasa karena begitu banyak yang tidak aku ketahui, bahkan terkait penelitianku sendiri. Aku merasa berutang terhadap tema yang aku teliti. Agrowisata menjadi suatu hal yang dekat dengan hati. Agrowisata bermakna bagi pengelolanya karena mampu menopang penghidupan mereka. Aku juga belajar lagi tentang kapasitas manusia dan proses perubahan perilaku. I love it!

Bogor, 28 Desember 2018

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.