Uncategorized

Jantan Pengganggu

Aku tidak berniat memelihara kucing. Berhubung aku punya makanan kucing sisa dari kucing terdahulu yang semuanya sudah mati, aku berikan makanan ini kepada kucing yang ada di sekitar rumah baru. Alhasil ada sebuah keluarga kucing yang terdiri dari seorang induk dan 4 anak yang sering ke rumah. Ada 3 anak jantan dan 1 betina. Induknya sudah disteril dan sempat lupa dengan anak-anaknya.

Beberapa bulan kemudian, satu anak betina yang ukurannya paling kecil mati. Dia dehidrasi padahal sudah diberi minum dan coba diselamatkan tetangga depan rumah yang menyayangi kucing. Sisa 3 anak jantan yang saat ini usianya sekitar 9 bulan. Dari 3 anak jantan itu hanya 1 yang bermukim di rumahku dan hampir setiap hari aku beri makan.

Aku tidak memberi nama semua kucing-kucing ini karena sepertinya mereka tidak perlu nama. Berhubung suamiku tidak suka kucing dan aku juga tidak suka dengan kemanjaan kucing, maka anak jantan tinggal di teras rumah. Dia seringkali tidur di rak sepatu. Tubuhnya semakin besar, bulunya bagus, meskipun dulunya dia lama terserang flu. Aku sering membersihkan hidungnya yang penuh cairan ingus.

Anak kucing jantan yang semakin besar ini sepertinya mengusik tatanan kekuasaan kucing jantan dewasa di perumahan. Beberapa minggu terakhir, aku sering mendengar pertengkaran dan aku melihat sendiri beberapa kali kucing dewasa jantan dengan bekas luka di tubuhnya menyudutkan dan “memarahi” anak kucing di rumahku. Anak kucing ini akan tersudut dan bergelung di dalam rak sepatu ketika jantan mengganggunya.

Biasanya aku akan mengusir jantan tengil itu. Jantan ini belum disteril dan bisa jadi merasa segala hal menjadi ancaman, termasuk anak kucing jantan yang sering aku beri makan. Biasanya aku akan mengusir jantan dewasa ini kalau coba mengambil makanan yang aku berikan ke anak kucing. Ini soal politik sumber daya.

Jantan dewasa ini sering mencari keributan di sekitar perumahan. Seperti yang aku bilang, tubuhnya memiliki beberapa bekas luka dan terakhir aku lihat dia berjalan pincang. Entah habis ribut dengan siapa lagi. Aku akan melindungi anak kucing jantan sebaik mungkin. Ada kemungkinan kalau dia sudah dewasa perilakunya akan seperti jantan dewasa tadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.