Lirik-Puisi

A song from the past – Yang Kumau

Kali ini aku mau mengenang lagu lama yang pernah menemaniku berjudul Yang Kumau dan dibawakan Krisdayanti. Lagu ini keluar tahun 2000. Pada tahun itu, aku magang di perpustakaan The Jakarta Post selama 2 bulan. Lagu yang keluar di tahun yang sama dan lebih populer adalah Mencintaimu tapi aku lebih suka lagu Yang Kumau. Aku suka dengan lirik dan melodinya. Liriknya menunjukkan keraguan menyelesaikan sebuah hubungan karena secara logis tidak ada harapan. Masalahnya kalau soal hubungan asmara, tidak ada yang logis.

Seringnya ku berpikir sampai pernah
Tak jua kutemukan jalan keluarnya
Jika memang bukan ini sudah tamatkanlah
Karena ku tak mau waktuku terbuang
Jangan memaksakan ini
Jika memang bukan ini
Karena sesuatu yang peka
Buat kita jadi masalah
Yang ku mau ada dirimu
Tapi tak begini keadaannya
Yang ku mau selalu denganmu
Jika Tuhan mau begini
Rubahlah semua jadi yang ku mau
Karena ku ingin
Semua berjalan seperti yang ku mau
Jangan memaksakan ini
Jika memang bukan yang ini
Karena sesuatu yang peka
Buat kita jadi masalah

Pada waktu magang, aku kos dengan Yanti di sekitar Palmerah. Yanti teman satu angkatan di JIP-UI. Kami ke kantor tinggal jalan kaki. Pada waktu itu aku masih tinggal di Jakarta Timur, tapi berhubung pekerjaanku dibagi dalam dua shift, aku memutuskan untuk kos. Aku kos sekamar berdua dengan Yanti yang rumahnya di Bogor. Shift kita berdua kadang berbeda. Seminggu sekali kami pulang.

Selama periode magang itu, aku sering mendengarkan lagu ini. Termasuk lagu-lagu Krisdayanti lainnya. Sepertinya sejak bercerai dengan Anang, KD tidak lagi mengeluarkan album, atau tidak ada yang menjadi hit seperti album sebelumnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.