Pengalaman-Saya

Pengalaman menggunakan Yogya Online selama isolasi mandiri

Pada 19 Desember lalu aku lapor ke Ibu RT di perumahan bahwa aku baru tiba dari luar kota. Satu minggu sebelumnya, aku mendapat informasi dari WAG perumahan bahwa warga yang baru tiba atau keluar dari perumahan wajib lapor ke RT untuk diamati kesehatannya oleh tenakes dari puskesmas setempat. Aku diminta untuk melakukan isolasi mandiri selama 14 hari. Aku tidak boleh melakukan aktivitas berjalan kaki di sekitar perumahan yang biasa aku lakukan.

Aku mematuhi aturan tersebut. Untuk berbelanja, aku tertarik mencoba aplikasi Klik Indomaret dan Yogya Online karena keduanya dekat dengan rumah. Aku baru satu kali mencoba Klik Indomaret dan hasilnya memuaskan. Aku sudah dua kali mencoba Yogya Online dan tidak puas. Proses pesanan memang cepat, sekitar dua jam setelah pembayaran selesai barang diantar ke alamat. Ongkos kirim flat di sekitar Bogor yaitu 18 ribu. Tapi dari dua kali pemesanan, selalu ada barang yang tidak ada di Yogya cabang Bogor. Dan di aplikasi tidak ada pemberitahuan, di cabang mana saja barang itu tersedia atau tidak tersedia. Pembeli diberi dua alternatif yaitu refund dana ke rekening bank atau dalam bentuk store credit yang bisa dipakai untuk pesanan berikutnya. Berhubung dari dua kali pesanan, selalu ada barang yang tidak ada, kali ini aku minta direfund ke rekening tabungan. Aku tidak mau lagi pakai Yogya online kalau tidak terpaksa.

Tidak seperti Klik Indomaret, Yogya Online juga tidak bisa berjalan di tablet Samsungku. Setelah selesai dipasang, tidak pernah bisa dibuka. Padahal aku lebih suka mencari dan memilih barang lewat tablet daripada komputer. Aku menghargai dua pilihan refund dari Yogya swalayan tetapi aku masih kecewa karena dengan ongkos kirim 18 ribu sekadar membawa mie instan 5 bungkus, minyak goreng 2 Liter, dan saos cap ibu jari tidak menguntungkan buatku. Ongkos ojek pangkalan dari Jalan Soleh Iskandar ke rumahku biasanya 10 ribu. Tambahan 8 ribu, okelah untuk kardus dan pengemasan. Aku masih merasa dikecewakan.

Hari ini aku sudah bisa keluar rumah. Masa isolasi mandiri sudah berakhir. Aku ingin melakukan tes antigen tapi merasa khawatir dengan kondisi flu dan baru selesai isolasi mandiri. Khawatir dan ragu. Dengan adanya aplikasi untuk berbelanja daring, aku merasa terbantu selama ongkos kirim dan barang yang tersedia di cabang terdekat lengkap.

Leave a Reply

Your email address will not be published.