Pengalaman-Saya

Emosi: Sedih

Kosakata emosi yang aku miliki sangat terbatas. Berhubung aku akan menjalani pemulihan selama 30 hari, aku mencoba menambah pengetahuan tentang emosi. Salah satunya, sedih.

Setiap orang merasa sedih dari waktu ke waktu. Perasaan ini mungkin muncul ketika terjadi kehilangan atau penolakan. Namun, ada kalanya aku tidak tahu mengapa merasa sedih. Lalu bagaimana membicarakannya?

Dari beberapa sumber, aku membaca bahwa perasaan sedih biasanya digambarkan dengan ekspresi di bawah ini.

kesepian
patah hati
suram
kecewa
putus asa
berduka
tidak bahagia
merasa kalah
penuh dengan masalah
mengucilkan diri
sedih

Berduka adalah bagian dari kesedihan. Ketika mencoba memulihkan diri dari kehilangan, perpisahan, perubahan, atau kegagalan mencapai tujuan, maka perlu dimulai dengan langkah mengakui perasaan tersebut agar membantu menerima kondisi dan mengatasinya. Semua orang berduka dengan caranya sendiri, sebagian mungkin perlu waktu lama untuk pulih dari rasa duka. Salah satu langkah meringankan duka adalah dengan membicarakan rasa sakit yang dialami, selain mungkin juga membantu jika hanya diam sejenak atau mengekspresikannya secara kreatif.

Cara lain untuk menghadapi kesedihan adalah melakukan sesuatu yang berarti. Contohnya membantu orang lain atau menjadi relawan di suatu komunitas sehingga diri merasa lebih terhubung dengan pengalaman hidup orang lain. Ada kalanya langkah ini sulit dilakukan karena pada saat berduka, seseorang cenderung untuk menarik diri dari “keramaian”.

Cara lain adalah dengan mencari dukungan. Langkah ini cukup sulit dilakukan ketika seseorang dikelilingi oleh rasa negatif tentang gangguan mental. Tidak banyak orang yang terbuka pada orang lain ketika diri sendiri berada di titik terendah. Aku juga merasakan hal ini. Namun, aku beruntung telah belajar dan mempunyai komunitas yang peduli dengan kesehatan mental. Aku pun dulu tidak begitu peduli dengan kesehatan mental diri sendiri. Aku meremehkan kesedihan, bahkan ketika perasaan tersebut berdampak signifikan pada kehidupan sehari-hari. Saat ini aku punya cara pandang berbeda. Rasa sesak akibat kesedihan yang mendalam telah membuat aku sulit bekerja dan menjaga hubungan. Aku pun berinisiatif mengajukan istirahat dan meminta bantuan terapis untuk pendampingan virtual seminggu sekali. Selalu ada cara.

Sumber:
https://www.verywellmind.com/an-overview-of-the-types-of-emotions-4163976
https://www.healthline.com/health/list-of-emotions#sadness

Leave a Reply

Your email address will not be published.