Pengetahuan-Saya

Emosi: Senang

Secara umum orang suka merasa bahagia, tenang, dan senang. Ekspresi yang ditunjukkan biasanya dengan tersenyum, tertawa, atau memanjakan diri sendiri. Biasanya rasa bahagia muncul ketika:

 Merasa dekat dan terhubung dengan orang yang kamu sayangi
 Merasa aman dan terjamin
 Melakukan sesuatu yang memicu kesenangan indrawi
 Menikmati suatu aktivitas
 Merasa santai dan damai

Ada beberapa kata yang biasa digunakan untuk menggambarkan rasa senang yaitu:

 kebahagiaan
 cinta
 bantuan
 puas
 hiburan
 kegembiraan
 kebanggaan
 kedamaian
 kasih sayang

Tidak semua orang yang tersenyum dan tertawa merasa senang karena dari pengalaman, banyak orang ingin menunjukkan rasa senang untuk menyembunyikan perasaan sebenarnya. Atau dalam beberapa budaya, menunjukkan ekspresi senang dianggap menghargai orang lain.

Ada banyak tulisan dan konten yang dibuat untuk mencapai rasa senang dan mengatasi rasa sedih. Hampir tidak ada orang yang ingin merasa sedih, tidak nyaman, tidak aman, terancam, tidak tenang. Sering kali perasaan senang tidak bisa dikontrol karena ada pihak lain yang mengaduk perasaan atau emosi. Sulit untuk merasa senang. Tidak heran jika ada obat psikotropika untuk merangsang syaraf sehingga memunculkan sensasi bahagia. Aku pernah baca bahwa cara kerja obat ini adalah dengan menurunkan kerja otak. Mungkin, mungkin ya, dengan tidak banyak berpikir, manusia bisa merasa lebih bahagia.

Bogor, 10 Maret 2021

Leave a Reply

Your email address will not be published.