Perjalanan-Saya

Menstruasi dan seisinya

Tanggal 20 April kemarin aku menstruasi hari pertama. Aku batalkan puasa. Hampir seharian aku rebahan karena hari pertama mens selalu sakit, perut terasa kencang dan mules. Aku juga tidak berolahraga. Biasanya hanya hari pertama. Hari kedua, 21 April rupanya masih sakit meskipun tidak separah hari pertama. Jadi aku hanya senam, tidak menggunakan treadmill. Tetapi aku berjalan kaki 3 KM untuk membeli barang untuk dibawa ke rumah bapak. Jadi target tetap tercapai. Dua hari itu aku merasa tubuhku kurang bertenaga karena hampir semua tenaga difokuskan ke sekitar rahim untuk berkontraksi. Dua hari itu darah mens paling banyak. Aku tidak tahu mood diri sendiri ketika sakit. Sedih, kesal, tidak nyaman. Tapi ada yang menghibur, aku menang arisan. Yeay, hehehe…aku senang karena hari minggu nanti aku akan mentraktir beberapa teman di Malang.

Kemarin, 22 April, aku ke rumah orang tua. Berangkat pagi, pulang sore, dan belum sarapan. Sampai kos, langsung treadmill 40 menit untuk mencapai 3 KM. Aku sudah merasa agak pusing. Biasanya pada saat menstruasi, tekanan darah akan turun. Sakit kepala tidak begitu mengganggu tapi aku merasa badanku tidak nyaman. Jadi aku minumkan Mboost. Hari itu, aku bisa tidur sekitar 6 jam. Kemarin aku tidak antusias karena akan bertemu orang tua. Kemarin hanya flek sedikit. Pola menstruasiku seperti itu. Darah keluar cukup banyak di dua hari pertama, hari ketiga tidak keluar atau hanya sedikit, hari keempat sedikit lalu selesai.

Hari ini, 23 April, aku terbangun dengan sakit kepala. Tekanan darahku pasti turun lagi. Obat paling mujarab biasanya makan daging kambing, sekitar 4 iris cukup lalu istirahat. Untuk menaikkan mood, hari ini aku mau potong rambut di salon dekat kos. Minggu lalu aku sempat senang karena aku ketemu kutang produk brahouse seharga 45 ribu, busa tipis, tidak pakai kawat, dua kait, dan ada aksen renda. Wow! Aku beli dua dan merasa cocok. Saatnya menghibahkan kutang seharga 15 ribu yang ada di lemari.

Minggu ini aku sudah menyelesaikan target membaca 1 buku, ditambah 29 bab dari fanfiction online. Aku sudah lanjut membaca 1 buku lagi berisi kumpulan cerpen dari A.B. Mangunwijaya. Tapi aku merasa agak berat. Aku perlu jeda.

Mood hari ini tidak menyenangkan karena kepalaku sakit. Tapi aku merasa senang dengan pencapaian selama satu minggu ini. Aku juga senang karena sebentar lagi aku akan balik ke Bogor.

Leave a Reply

Your email address will not be published.