Pengalaman-Saya

Catatan lama

Tulisan ini dibuat 23 Mei 2021 tapi tidak aku selesaikan. Aku lupa kenapa. Sepertinya karena aku stuck, macet, gak tahu mau menulis apa.

Hari ini aku tidak berolahraga. Mungkin karena aku menstruasi hari kedua atau karena ini hari Minggu jadi merasa malas. Apalagi aku bangun telat, sekitar jam 7 karena jam 1.30 aku terbangun lalu baru bisa tidur lagi jam hampir jam 4. Aku sudah tahu kalau tidur jam segitu aku akan terlambat bangun.

Beberapa hari lalu, anak PRT-ku sakit jadi dia harus pulang lebih cepat dan masih banyak cucian yang belum disetrika. Sewaktu kos sebulan di Malang, aku tidak pernah menyetrika baju. Sebenarnya tidak masalah. Malah mengurangi pekerjaan rumah tangga. Menyetrika sebenarnya dilakukan untuk menambah wangi pakaian, selain membuat lebih rapi dan halus. Beberapa minggu ini aku sedang berpikir kalau tidak perlu lagi memperkerjakan PRT. Di rumah hanya ada aku dan suami dan beberapa bulan terakhir ditambah 3 anak kucing yang dalam beberapa bulan lagi perlu dipaksa keluar rumah untuk lebih mandiri dan liar.

Besok aku akan ikut vaksin COVID-19 pertama di Perpustakaan Nasional Salemba bersama dengan teman-teman di kantor. Aku akan mendapat vaksin AstraZeneca. Aku akan ke Salemba dengan bersama temanku yang divaksin bersamaan.

Lanjutan (ditulis 13 Juni)

Jadi selama perjalanan, temanku bercerita tentang upaya dia mencari pekerjaan. Sebagai aktivis perempuan yang sudah berkeluarga dengan satu anak berusia lebih dari 2 tahun, dia mengalami dilema. Karena aku tidak berada di posisinya, aku tidak tahu harus bersikap bagaimana. Dia sudah ditawari kerja purnawaktu yang ditolak dengan alasan belum bisa meninggalkan anak dan gajinya juga tidak dapat menutupi biaya TPA yang bagus di Bogor. Kemudian ada lowongan di tempatku dulu bekerja, sebuah LSM internasional dan fleksibel dikerjakan di mana saja. Namun, dia kurang tertarik karena sering diminta bekerja pada malam hari karena waktu kerja menyesuaikan dengan wilayah AS, Amerika Latin, dan Afrika bagian selatan. Yah, susah memang mencari kerja yang semua aspek sesuai dengan keinginan kecuali kita punya usaha sendiri dan ada tim yang membantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published.