Pengalaman-Saya

Percayalah kamu tidak sendiri

Minggu ini lembagaku mengadakan sebuah pelatihan di luar Jawa. Dengan berbagai pertimbangan penting, aku tidak bisa mengikuti kegiatan ini. Aku sudah menyiapkan satu orang untuk menjadi fasilitator, menggantikan posisiku. Dia setuju dan aku lega. Sehari sebelum keberangkatan, fasilitator ini reaktif dan tidak bisa berangkat. Alhasil aku buru-buru mencari alternatif. Pada saat itu aku berada di dalam bus, dalam perjalanan ke Bogor.

Aku sempat khawatir dan merasa ini tanggung jawabku. Aku berpikir untuk tes antigen jam 4 subuh agar jam 6 pagi bisa beli tiket untuk mengikuti kegiatan. Namun, aku bertanya lagi ke diriku sendiri. Bukankah teman-teman yang menjadi peserta sebagian besar adalah fasilitator dan konselor? Mengapa kamu tidak bisa mempercayakan tugas ini ke teman-teman? Ini bukan tanggung jawab kamu aja, Niken. Ini kerja rame-rame. Kamu dipilih teman-teman sebagai koordinator agar bisa mengangkat potensi anggota. Kamu harus belajar percaya pada kekuatan dan kapasitas teman-temanmu.

Oke. Aku menghubungi salah satu peserta yang sudah lolos tes antigen. Dia pernah mengikuti TOT yang dilakukan lembagaku. Dia baru bisa memberi keputusan besok pagi tapi aku punya firasat dia bersedia. Paginya aku hubungi dia dan benar, dia bersedia. Aku kirimkan materi yang diperlukan. Aku bersemangat. Aku merasa lega; lega karena percaya pada kekuatan teman, pada diriku sendiri untuk terbuka pada kontribusi anggota tim lain. Aku merasa kuat dan bangga karena merasa tidak sendiri. Beberapa teman di lembagaku sempat mengkritik bahwa sebagian besar pekerjaan masih aku lakukan sendiri, belum bisa berbagi dengan staf program atau staf lain. Ya, aku perlu meningkatkan kapasitas teman-teman satu tim sehingga bisa lebih leluasa memberi kepercayaan.

Aku merasa ruang aman yang dikembangkan lembagaku menjadi lebih baik dan benar-benar dipraktikkan. Mungkin tidak semua anggota lembaga merasakan manfaat yang sama denganku. Aku belajar banyak dari proses ruang aman.

Leave a Reply

Your email address will not be published.