Pengalaman-Saya

A child inside us

Akun @gevantgrady menulis seperti ini di akunnya: Normalize orang tidak suka anak kecil. Ga semua orang sanggup untuk sabar ngadepin anak kecil dengan segenap tingkahnya dan mendengar jeritan2 mereka yg menganggu. Sorry to say. Oiya, aku setuju sekali dan poin ini nyambung dengan pernyataanku tentang childfree. Menurutku alasan juga beragam. Buatku, ketidaksukaan dengan anak kecil bukan soal tantrum dan jeritan mereka karena perilaku tersebut dilakukan juga oleh orang dewasa. Aku seringkali merasa tidak cukup mampu merawat bayi dan anak-anak. Merawat di sini tidak hanya fisik tapi juga memahami imajinasi mereka dan menghargai individualitas mereka.

Tidak semua orang menyukai anak kecil dengan cara yang sama. Aku membalas pernyataannya dengan menulis: Aku dulu adalah anak perempuan yang tidak suka dikelilingi anak-anak lain. Jadi seingatku, anak-anak pun tidak otomatis menyukai anak-anak lain. Aku tidak suka berkerumun dengan anak-anak lain, terutama anak laki-laki. Tapi aku suka menguping pembicaraan teman-temanku.

Tidak suka bayi dan anak kecil juga bukan berarti aku menjauhi mereka. Ada toleransi durasi dan jumlah anak-anak yang bisa aku tangani. Usia anak juga beragam. Ketika aku berusia 30an, aku senang berada di sekitar dan merawat anak-anak usia 8-11 tahun. Di usia tersebut, anak-anak bisa menyampaikan apa yang mereka inginkan dan apa yang tidak mereka sukai. Aku merasa lebih mudah menempatkan diriku. Yeah well, pada dasarnya aku adalah people pleaser, termasuk ke anak-anak.

Terkait diskusi tentang childfree, aku merasa aku merasa setiap orang dewasa, terlepas dia punya anak secara biologis atau tidak, memiliki tanggung jawab merawat anak-anak. Merawat di sini bisa berarti menjaga, mengawasi, mendampingi, mengajari, bermain, membacakan cerita, dan kegiatan lain. Tidak memiliki anak sendiri, bukan berarti kita tidak merawat anak-anak di sekitar kita. Especially if we believe that there is a child inside us to take care, otherwise we no longer have the needs to question many things.

Leave a Reply

Your email address will not be published.