Pengalaman-Saya

Skipping

Hobi baru aku adalah skipping atau lompat tali. Kalau lompat tali sebagai permainan, aku sudah melakukannya sejak sekitar 6 tahun. Walaupun aku bukan yang paling jago di antara teman-teman lain. Kualitas menengah.

Lalu aku membeli tali untuk olahraga sekitar 4 bulan yang lalu. Cukup lama dan waktu itu aku belum bisa mengkoordinasikan kedua kakiku untuk lompat bareng. Entah kenapa. Satu minggu lalu aku bisa dan setiap hari aku skipping 200-250 kali. Sebentar sih tapi buatku permulaan yang baik. Konsisten saja dengan apa yang sudah dimulai dan terus meningkat.

Aku senang dengan target jadi rencana setiap hari aku bisa sampai 600 kali/hari dalam waktu 6 bulan ke depan. Lebih enak sebenarnya kalau punya alat yang ada counternya, aku sedang cari yang harganya sekitar 50 ribu. Biasanya aku membagi dua, 130 di pagi hari dan 70 di sore hari. Kemudian aku berencana 150 di pagi dan 150 di sore hari.

Skipping is fun dan aku suka loncat-loncat. Olahraga ini juga melatih pernapasan dan mengatur ritme gerak. Aku masih tetap berjalan dengan target 5.000 langkah atau 3 Km per hari. Kadang aku rapel.

Selain skipping sebagai olahraga, aku juga skipping makan nasi dan banyak karbohidrat. Gara-gara 3 hari terakhir berat badanku naik konsisten sampai 58 Kg. Aku membeli timbangan badan digital yang bisa sekaligus menghitung BMI, persentase lemak, dll. Aku beli di shopee ketika ada diskon dari 85 ribu menjadi 62 ribu. Jadi setiap pagi, aku menimbang berat badan.

Saat ini aku setiap hari aku membatasi diri. Makanan yang masuk biasanya susu 1 gelas, dua atau tiga telur (1 direbus, 2 didadar dengan keju), nugget 3-4 potong atau ayam 1-2 potong. Kadang aku tambahkan sayur sop atau sayur asem. Setiap pagi aku minum air putih tambah sari lemon. Itu makananku.

Berat badanku turun perlahan. Jadi memang pola makan yang penting dijaga dan didukung olahraga. Berat badan targetku adalah 54-55 Kg untuk menjaga BMI 23-24. Menurutku realistis banget dan sangat mungkin dicapai. Itulah, turun 3-4 Kg ternyata cukup berat. Semangat ya tubuhku!

Leave a Reply

Your email address will not be published.