Pengalaman-Saya

How is the weather in your heart-mind-body?

Aku belajar untuk menanyakan pertanyaan di atas ke diri sendiri. Salah satu bagian dari merawat kesadaran supaya merasa lebih bersyukur dan melihat semua pengetahuan adalah bagian dari perjalanan.

How is the weather in your heart-mind-body? Kenapa ada tiga hal? Mungkin saja cuaca di hati, pikiran, dan tubuh kita berbeda. Sebagian akan mengatakan, it’s a unity. Iya, tapi kadang aku tidak sadar atau kurang peka dengan kondisi hati dan tubuh, lalu pikiran mengatakan aku baik-baik saja agar aku dapat melakukan kegiatan seperti biasa.

Kadang aku juga tidak tahu bagaimana mengenali tubuh yang lelah dan hati yang kacau. Kadang terlihat ketika aku mengalami kesulitan tidur atau bangun terlalu cepat kemudian tidak bisa tidur lagi. Beristirahat kadang bukan perkara mudah. Mengistirahatkan hati, pikiran, tubuh bersamaan kadang susah karena pikiran masih kemana-mana atau segala macam menjadi kekhawatiran. Padahal tubuh sudah capek. Hatiku kebingungan, “ini kok gak nyambung?”.

Proses menyelaraskan hati, pikiran, dan tubuh itu perlu latihan. Aku perlu terus mengingatkan bahwa tubuh ini memiliki batasan. Kalau merasa lelah, seharusnya aku istirahat supaya bisa lebih jernih melihat keterkaitan antara satu dengan lain karena itulah kunci dari analisis. Aku merasakan ini ketika mengerjakan disertasi. Aku sempat burnout beberapa waktu dan bingung sendiri menghadapi tumpukan data. Aku merasa panik, “aduh, ini datanya gak cukup untuk menganalisis hasil kuesioner.” Apalagi waktu itu aku menggunakan analisis yang baru aku pelajari yaitu Structural Equation Modeling (SEM). SEM ini teknik analisis multivariat yang digunakan untuk menganalisis pola hubungan antara variabel dan indikatornya atau variabel yang satu dengan lainnya untuk menyusun suatu model.

Dengan tubuh yang lelah dan merasa cemas, aku tidak berfungsi optimal. Aku tidak bisa menganalisis, kalaupun aku melakukannya, mungkin ada kesalahan. Data bukan barang mati; data adalah cerita, pengalaman hidup yang bermakna.

How is the weather in your heart-mind-body? It’s calm down and flowing peacefully. It’s not all in harmony but it’s working in one piece.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *